Jumat, 17 Februari 2017

PERSOALAN DAN ISI HATIKU

Menandang status sebagai sarjana dari perguruan tinggi adalah impian setiap orang. Namun tidak semua orang dapat meraih impian tersebut karena terkendala dengan berbagai persoalan. Salah satu faktor adalah meningkatnya biaya pendidikan yang ditenggarai dengan kualitas pendidikan yang mengikuti tuntutan dan perkembangan zaman.
Ditengah meningkatnya berbagai permasalahan tersebut, tidak membatasi sebagaian pegiat pencari ilmu untuk menggapai impiannya ditengah-tengah penderitaan tanpa mengenal status dan umur. Salah satu pegiat ilmu tersebut adalah saya, yang adalah salah satu mahasiswa yang menyandang status sebagai pegiat ilmu yang sedang menyelesaikan tugas akhir alias skripsi. Status mahasiswa tugas akhir bukan berarti semua sudah selesai dan tidak ada masalah, tetapi di sinilah berbagai permasalahan datang silih berganti.
Ditengah proses mengerjakan tugas saya mengalami banyak persoalan, pertama; terbatasnya ruang komunikasi dosen pembimbing skripsi, sehingga membuat semua rencana tidak tercapai, kedua; hasil olah data saya dikatakan kurang lengkap dan disuruh bertemu salah satu mahasiswa yang sudah selesai pendadaran skripsi. Setelah saya lakukan apapun yang diminta oleh dosen pembimbing eehh...ternyata hasil olah data mahasiswa tersebut tidak jauh beda dengan punya saya. Saya harus mengadu kepada siapa? Apakah kepada Tuhan?, ketiga; ditengah kedua masalah tersebut di atas yang lebih lagi adalah kebijakan Bupati baru di daerah yang membuat semua mahasiswa asal Kabupaten Pegunungan Bintang bagaikan anak ayam kehilangan induknya, karena kami adalah mahasiswa yang dibiayai oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Pegunungan Bintang. Data basec 2017 menunjukan 456 mahasiswa terlantar di pulau jawa karena terkendala dengan biaya pendidikan, tempat tinggal, biaya makan, dll.

Permasalahan tersebut di atas inilah yang membuat saya tidak bisa menyelesaikan tugas akhir saya sampai bulan pebruari tahun 2017 ini. Bukan berarti saya menyerah, semangat yang disertai cinta dan harapan yang tumbuh mendarah daging membuat saya tetap mengerjakan tugas akhir. Semoga satu bulan ke depan saya dapat menggapai apa yang saya impikan yaitu menyandang gelar Sarjana Pendidikan. 

Tidak ada komentar: